Cara Format Laptop ACER Windows 7

ACER adalah salah satu merek laptop yang sudah tak asing lagi bagi para pengguna komputer portabel. Produk ACER terutama laptop sudah dikenal luas dan populer di kalangan anak muda di Indonesia terutama mahasiswa. Bak kacang goreng, laptop ACER sangat mudah dijumpai di tempat-tempat umum, berbeda tentunya bila dibandingkan dengan merek laptop sejenis lainnya.

Salah satu keunggulan laptop ACER adalah memang karena harganya yang murah dan terjangkau. Dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, ACER tetap bertahan dan konsisten dengan bandrol harga murahnya. Dan sebagai salah satu merek laptop branded, tentu saja harga yang bersaing ini membuat laptop ACER laris manis diserbu pembeli.

Namun dibalik kepopulerannya, ternyata laptop ACER pun memiliki banyak masalah dan kelemahan pada produknya. Salah satunya adalah pada saat hendak melakukan prosedur format dan instal ulang sistem operasi laptop ini. Banyak keluhan yang datang dari pengguna setia laptop ACER saat harus melakukan format dan instalasi ulang laptop mereka.

Masalah adanya kesulitan cara format laptop ACER windows 7 salah satunya dikarenakan setting default pada BIOS ACER. Fitur Secure boot pada settingan default BIOS ini tersetting aktif (enable) hingga BIOS hanya terarah pada media booting yang dianggap aman dan  terpercaya. Artinya, BIOS ACER hanya bisa dibooting melalui harddisk sebagai media booting internal. Karenanya, bootable device eksternal tidak bisa dipakai sebagai media booting di laptop ini. Hal ini pulalah yang membuat banyak pengguna ACER mengeluhkan sulitnya melakukan kegiatan format ataupun instalasi ulang sistem operasi di laptopnya.

Karena itulah maka di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara format laptop ACER dan instalasi ulang sistem operasi WINDOWS 7 agar nantinya para pengguna laptop ACER bisa mendapatkan referensi bila ingin melakukan proses format pada laptopnya.

Panduan cara format laptop ACER Windows 7

cara-format-laptop-acer-windows-7-2

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai proses format laptop ACER adalah sebagai berikut :

  1. Hal terpenting di awal proses adalah jangan lupa untuk memback up data yang ada dalam media penyimpanan laptop terutama di drive C. Karena saat prosedur format dilakukan, maka semua isi media penyimpanan akan dihapus dan hilang.
  2. Siapkan 1 CD atau DVD kosong.
  3. Siapkan juga CD Windows Installer (windows 7) untuk bisa menginstal ulang windowsnya nanti.
  4. Setelah laptop dinyalakan, langsung masuklah ke BIOS. Untuk ACER, Anda cukup menekan tombol F2 bila ingin masuk ke dalam BIOS.
  5. Selanjutnya carilah pilihan boot sequence pada menu yang ada di BIOS. Pilihlah CD ROM sebagai 1st boot device. Kemudian pilih save dan exit.
  6. Sekarang masukan CD kosong ke dalam CD ROM. Lalu pilih create fresh copy of windows. Pada langkah inilah format drive C Anda akan dilakukan. Tunggulah beberapa saat sampai proses format selesai. Dalam proses ini Anda akan diminta mengisi beberapa hal seperti CD key windows, nama admin, tanggal dll.
  7. Setelah Windows selesai di instalasi, selanjutnya adalah tinggal melanjutkan untuk menginstal driver-driver yang tersedia seperti VGA card, LAN, Sound card, dll sesuai petunjuk CD driver dari ACER.

Demikianlah tips format laptop ACER yang berbasis windows 7 beserta langkah-langkah rinci yang harus dilakukan untuk instalasi sistem operasinya. Semoga panduan ini dapat membantu Anda yang berniat untuk melakukan prosedur format dan instalasi ulang sendiri laptop ACER anda.

Deskripsi : Langkah-langkah melakukan prosedur format pada laptop ACER yang menggunakan sistem operasi Windows 7