5 Fakta Michelangelo Yang Melegenda Tapi Jarang Dibicarakan

5 Fakta Michelangelo Yang Melegenda Tapi Jarang Dibicarakan
Fakta Michelangelo - Foto Ilustrasi Michelangelo
Ilustrasi Foto Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni

Sering dengar tentang Michelangelo dan karya seni nya yang legendaris? Simak fakta Michelangelo yang jarang dibicarakan.

Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni atau lebih dikenal dengan nama Michelangelo, lahir di Caprese 6 Maret 1475 dan meninggal pada 18 Februari 1564 di Roma. Ia adalah pematung, pelukis, arsitek, dan penyair Italia dianggap sebagai salah satu seniman paling berbakat di Dunia. Bagi Anda yang belum mengetahui siapa Michelangelo, inilah 5 fakta Michelangelo yang melegenda tapi jarang dibicarakan.

1. Kasus Penipuan

Pada 1496, Michelangelo memahat patung bidadari dengan gaya Yunani Kuno. Dia kemudian menjualnya ke dealer bernama Baldassare del Milanese, yang menjualnya lagi ke Kardinal Riario dari San Giorgio. Riario kemudian mendengar desas-desus tentang penipuan patung tersebut. Untungnya, ia bisa kembali mendapatkan uangnya. Bukannya merasa ditipu, Riario malah terkesan dengan keterampilan Michelangelo sehingga dia mengundangnya ke Roma. Michelangelo akhirnya memenangkan komisi untuk mengukir Pieta, karya yang pertama kali menjadikan namanya sebagai seniman.

Patung Pieta Michelangelo
Patung Pieta karya Michelangelo

2. Michelangelo mengukir "David" dari balok marmer yang dibuang.

Pada tahun 1501, Michelangelo baru berusia 26 tahun, tetapi ia sudah menjadi seniman paling terkenal. Nah, David adalah salah satu patung menakjubkan yang ia ciptakan di antara tahun 1501 dan 1504. David awalnya ditugaskan oleh Opera del Duomo untuk Katedral Florence.

Proyek ini dimulai pada 1464 oleh Agostino di Duccio dan kemudian dilanjutkan oleh Antonio Rossellino pada 1475. Kedua pematung itu pada akhirnya menolak balok marmer yang sangat besar dengan ketidaksempurnaannya yang mungkin mengancam stabilitas patung yang tersebut.

Blok marmer yang luar biasa ini tetap diabaikan selama 25 tahun. Ketika ia mulai, Michelangelo memiliki kepercayaan bahwa sosok yang ia ukir sudah ada sepenuhnya terbentuk di dalam blok batu tersebut. Kemudian, digunakanlah batu yang tidak dipakai oleh 2 orang sebelumnya, lalu jadilah patung David yang sangat menakjubkan.

Patung David karya Michelangelo
Patung David legendaris karya Michelangelo

3. Menulis Puisi

Selain menjadi pelukis dan pemahat, Michelangelo juga sangat jago dalam membuat puisi. Sepanjang hidupnya, Michelangelo menulis lebih dari 300 puisi. Soneta yang paling mengesankan ditulis untuk teman dekatnya, yaitu Vittoria Colonna. Michelangelo membuat puisi dengan berbagai topik. Walaupun tidak pernah diterbitkan secara resmi, puisi-puisinya sudah lumayan terkenal diantara para sastrawan.

4. Biografi Michelangelo

Michelangelo adalah seniman pertama yang biografinya diterbitkan ketika ia masih hidup. Dua biografi diterbitkan tentang dia selama masa hidupnya, salah satunya oleh Giorgio Vasari. Ia berpendapat bahwa Michelangelo adalah puncak dari semua pencapaian artistik sejak awal Renaissance.

Meskipun demikian, atau mungkin karena kepribadiannya yang menarik, orang Italia memuja Michelangelo hingga akhir hidupnya. Dia dikenal sebagai "Il Divino", dan semua orang ingin mengetahui fakta-fakta kehidupannya. Ini mungkin yang menyebabkan Michelangelo mempublikasikan bukan hanya satu, tetapi dua otobiografi sepanjang hidupnya.

5. Kehidupan Michelangelo

Michelangelo tidak pernah menikah dan tidak memiliki anak. Meskipun ia tumbuh menjadi orang kaya, fakta menarik tentang Michelangelo adalah bahwa ia hidup dalam keadaan jarang berganti pakaian atau bahkan mandi. Dikatakan bahwa pakaiannya sangat kotor dan menempel di tubuhnya sehingga ketika dia meninggal mereka harus dipotong dan dikupas darinya.

Di usia senja sang artis menjalani kehidupan yang menyendiri. Michelangelo hidup dengan banyak ciri kepribadian seniman klasik. Dia keras pada dirinya sendiri dan pekerjaannya. Dalam salah satu dari banyak suratnya tentang karyanya di Kapel Sistine ia menulis, "Saya bukan pelukis." Dia sering merasa tidak puas dan dikenal karena suasana hatinya yang kritis dan tidak stabil. Faktanya, salah satu rekannya dalam studi, Pietro Torrigiano, sangat marah dan cemburu dengan Michelangelo karena bakatnya sehingga dia memukul hidungnya sampai bengkok.

Itulah 5 fakta Michelangelo yang melegenda tapi jarang dibicarakan. Walaupun sudah ada dari beberapa tahun silam, karyanya masih sangat menempel dan tetap menjadi seniman favorit.